blog*spot
blog*spot
get rid of this ad

J.E.N.D.E.L.A.k.u

10.5.04

Kredit di Bank ... Kartu Kredit ... ???

Ini nih, gara-garanya omku pinjam kredit ke bank untuk urusan keluarganya, lalu belakangan ini rumahku diteror sama orang bank. Nyokap sampe stress dibentak2 sama debt collector. Om ku lari gatau kemana, terakhir kali kabarnya malah cerai sama istrinya. Hiks... Untunglah si debt collector ga nelpon ke rumah lagi.

Baru santai, eh sepupuku telpon ke nyokap, kalo dia punya utang kartu kredit yang belum kebayar... gubrakkk!!!... trus dia bilang kalo ada yang telpon ke rumah, kasitau aja gak kenal. Dan beneran penagih utang telpon ke rumah. Sepupuku sekarang pindah rumah, dengan hutang yang belum kebayar... jadi kasihan.

Sekarang, aku eplai kartu kredit, pas tahu aku eplai, nyokap langsung marah berat. Soalnya beliau tidak pernah mau kreditan (selalu ngajarin aku untuk bayar kontan, atau kredit tapi disiplin). waduh! Aku sih niatannya cuma buat jaga-jaga aja. Aku dah tahu resikonya kok.

---

Dari kecil dulu nyokap suka ngajarin aku nabung di bank, nah sejak bisa nabung sendiri, aku mulai pake kartu debit. Itu juga diwanti-wanti supaya tidak besar pasak daripada tiang. Untungnya kartu debit, dia gak bisa lebih besar daripada saldo tabungan kita.

Kenapa juga sekarang tertarik kartu kredit? Niatanku buat jaga-jaga in case butuh uang dalam jumlah besar tetapi gak punya uang cash. Tapi sebenernya kita punya uang di bank, nah kalo udah selesai urusannya biar bisa kubayar kontan belakangan. Istilahnya mengatur keuangan gitu lho!

Setahuku kalo kita bayar minimal tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo kita gak bakalan ditagih lho, apalagi kalo bayarnya full sesuai tagihan malah tidak dapat bunga. Aku dah pelajari sisi baik dan buruk dari baca artikelnya mas Safir Senduk, trus tanya-tanya ke pengguna kartu kredit, bahkan tanya ke temenku yang orang bank. Akhirnya kuputuskan memiliki kartu kredit.

Aku gak setuju dengan bunga, tapi ternyata kartu kredit dengan fasilitas lengkap bunganya justru paling tinggi. Anyway... mudah-mudahan aja aku ga terjebak dengan lingkaran kredit yang mencekik.