blog*spot
blog*spot
get rid of this ad

J.E.N.D.E.L.A.k.u

15.12.06

agar qurban lebih bermanfaat

Tidak boleh dilupakan oleh kita bahwa qurban sebagai sebuah bentuk peribadatan umat Islam telah mengalami transformasi sejak jaman Nabi Adam as. hingga sempurna pada masa Nabi Muhammad saw. Dengan berqurban, manusia membuktikan ketaatannya kepada perintah Allah swt. sebagai Sang Pencipta. Dengan begitu, upacara qurban sendiri harus merujuk kepada ketentuan yang Allah dan Rasul-Nya tunjukkan kepada kita.

Selama bertahun-tahun, kita mengalami hari raya qurban yang begitu-begitu saja, datang ke panitia qurban dengan menuntun kambing atau sapi, kemudian disembelih dengan nama Allah dan takbir, dagingnya dibagi-bagikan kepada para tetangga dan orang-orang miskin. Namun sadarkah kita bahwa seiring waktu kondisi di sekitar kita telah membaik, sehingga tanpa kita sadari, hari raya adha kini menjadi pesta bagi orang-orang yang mampu? Sementara itu jauh dari tempat kita berada, di desa, di pelosok, di daerah bencana, di daerah yang kekurangan, makan daging kambing atau sapi sudah seperti menikmati hidangan surga?

Alhamdulillah, sejak hadirnya LSM keislaman yang tepercaya, qurban menjadi lebih bermanfaat dan lebih bermakna. Qurban tidak hanya dinikmati oleh orang-orang mampu, orang-orang kota, tetapi sampai ke desa, ke daerah bencana, ke daerah yang membutuhkan. Sebut saja program Tebar Hewan Kurban dari Dompet Dhuafa, Sebar Qurban Nusantara dari PKPU, dan SuperQurban dari Rumah Zakat Indonesia menawarkan asas kemanfaatan dari qurban kita. Bahkan RZI memberikan kemudahan baru membayar qurban dengan kartu kredit dan memaketkannya dalam bentuk kornet agar manfaat qurban dapat dirasakan lebih panjang.

Kemanapun kita berqurban, ingat selalu NIATKAN SEMATA KARENA ALLAH. Selamat berqurban!

Labels: