blog*spot
blog*spot
get rid of this ad

J.E.N.D.E.L.A.k.u

19.5.04

perempuan itu cantik 3

sudah lihat acara baru yang judulnya Indonesian Model? sebenarnya bukan barang baru, produk lama tapi dikemas baru. Kalo kamu yang punya langganan TV kable di rumah pasti kenal sama Fashion TV, yang tidak bosan mengobral tubuh perempuan (dan sedikit laki-laki) sebagai model fashion. Kebanyakan dari para model itu "cantik".

Sampai sekarang masih ada perlombaan Miss World, Miss Universe, dll. Indonesia pernah mengadakan ratu kecantikan, tetapi tidak ada lagi sejak para pemenang ratu kecantikan itu akan didaftarkan sebagai kontestan Miss World. Memang sih, tidak hanya kecantikan fisik yang dinilai, ada begitu banyak penilaian... tetapi jauh lebih banyak yang berkaitan dengan fisik.

Sempet ngikutin telenovela "Yo Soy Betty La Fea" yang bercerita tentang perusahaan busana Ecomoda, sayang sang sekretaris adalah Betty si buruk rupa. Trus oleh semangat yang dipompakan oleh seorang relasi yang baik, Betty menjadi cantik (ini sih emang bintang filmnya yang cantik di bikin jelek, aza), dan memimpin Ecomoda dari kehancuran.

Eh, ternyata sinetron Indonesia ada yang ikutan cerita beginian. Tapi jarang banget ya sinetron kita yang pemeran perempuannya tidak cantik? Pasti obral kecantikan.
Diperparah lagi dengan iklan televisi, mulai dari: "Amboy, daripada baju dibesarkan, lebih baik perut dikecilin"; "pengen langsing, dimeritin aja"; "andalah sang putri salju"; "pas susunya"; "coba merah"; dsb.

akhirnya, terlalu banyak perempuan yang frustasi akibat kecantikan itu. Sempat beberapa waktu lalu ada seorang ibu yang ingin hidungnya dibuat mancung akhirnya malah melar seperti buah mangga, karena salah komposisi silikon. Waduh, kenapa perempuan itu tidak bersyukur sih?

---
(bersambung)