blog*spot
blog*spot
get rid of this ad

J.E.N.D.E.L.A.k.u

8.6.04

bila lelah

tubuh memiliki hak yang harus kita penuhi, seperti halnya kita meminta hak kita kepada orang lain, tubuh berhak atas makanan dan minuman yang baik dan menyehatkan, berhak atas excercise untuk kesegaran jasmani, berhak atas istirahat yang cukup, berhak atas perawatan diri yang baik, berhak atas ibadah yang benar.

jika hak-hak tubuh itu tidak kita penuhi, akan muncul permasalahan-permasalahan yang merepotkan kita, dan mengganggu aktivitas keseharian kita. salah makan bisa bikin perut bermasalah, merokok dan alkohol membuat fungsi organ menjadi cacat, tidak berolahraga membuat kita malas dan kekurangan oksigen, minim istirahat membuat tubuh kelelahan, tidak dirawat membuat penampilan buruk, tidak beribadah membuat kita kehilangan pegangan yang hakiki.

kenali dirimu sendiri agar kamu dapat memperlakukan dirimu dengan baik

ada sebuah jam dalam tubuh kita yang berfungsi mengingatkan kita saat-saat untuk memenuhi hak-hak tubuh. ia berdentang beberapa kali untuk masing-masing hak. apabila kita tidak segera memenuhi haknya, ia akan berdentang lebih keras lagi. bila kita melalaikannya, jam tersebut memberikan toleransi kepada jadwal tertentu seperti harian, mingguan, atau bulanan bahkan tahunan.

seperti layaknya jam mekanik, jam di dalam tubuh memiliki siklus. memiliki rentang waktu tertentu untuk setiap hak. ketika aktivitas eksternal kita mengabaikan peringatan jam tubuh, ia akan mengakumulasi persoalan dan meminta hak-hak secara sekaligus pada batas jatuh tempo. saat itulah kita membutuhkan istirahat...